Seven Week - VoIP Server

Alhamdulillah sudah minggu ke-7 mudah-mudahan masih pada betah ya pkl nya. menginjak minggu ke-7 ini saya masih menjalankan tugas sehari-hari yaitu
belajar otodidak. biar ga jenuh sambil dengerin musik sah-sah saja mungkin hehe. dan di mingu ini saya mendapat ilmu baru yaitu tentang VoIP. bukan VoIP biasa yang sudah kita pelajari di sekolah bersama pak hadi, mungkin yang ini sediki berbeda karena OS nya menggunakan Debian. mau tau? let's find out.

Pasti kalian tidak asing dengan VoIP, apa sih VoIP? VoIP yaitu singkatan dari Voice over Internet Protocol  adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP). Untuk di Indonesia komunitas pengguna / pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna / pengembang VoIP adalah “VoIP Merdeka” yang dicetuskan oleh pakar internet Indonesia, Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII). Lantas apa yang berbeda dengan yang pernah di pelajari di sekolah?

Disini saya mencoba membangun server VoIP di OS Debian, mungkin untuk sebagian orang ini bukan hal asing, tapi untuk saya hal ini merupakan sesuatu yang unik untuk dicoba, baiklah langsung saja kita bercerita tentang VoIP server di Debian. setelah mencari materi dari google tentang VoIP ini saya menemukan cara konfigurasi VoIP server di Debian, dan setelah saya baca paket yang digunakan adalah Asterisk, apa sih Asterisk? Asterisk adalah salah satu software opensource berbasiskan OS linux. Asterisk merupakan implementasi dari PBX (private branch exchange) yang dibuat oleh mark spencer dari Digium.Inc pada tahun 1999. terus apa sih fungsinya? asterisk pada dasarnya adalah server voip,asterisk mencakup banyak fitur yang tersedia dalam sistem PBX  seperti voice mail, panggilan konferensi, respon suara interaktif (menu telepon), dan distribusi panggilan otomatis. Pengguna dapat membuat fungsi baru dengan menulis script dial plan dalam beberapa bahasa ekstensi Asterisk sendiri dan konfigurasi nya pun cukup mudah, hanya mengedit 2 file konfigurasi yaitu sip.conf dan extention.conf. untuk lebih lengkapnya bisa kalian search langusung karena tutorialnya sangat banyak.

Duh tak terasa ya saya sudah bercerita selama 10 menit atau mungkin lebih hehe, mungkin cukup untuk cerita minggu ke 7 ini, ceritanya mungkin kebanyakan dan membuat kalian bingung, untuk itu saya meminta maaf bila banyak kesalahan di postingan ini. *lebaran

Bagikan

Jangan lewatkan

Seven Week - VoIP Server
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.