Perbedaan Data dan Informasi

Assalamualaikum wr wb.
Alhamdulillah kali ini saya masih bisa memposting artiketl dalam rangka tugas Aplikasi Komputer oleh dosen saya yaitu Apri Junaidi ( aprijunaidi.com ). walaupun saya mencari inspirasi dari artikel lain namun saya mencoba merangkum semua itu dengan bahasa saya sendiri, mudah mudahan bermanfaat bagi para pembaca da

Data dan Informasi
adalah kata yang tidak asing di telinga kita, namun kata ini sangat sulit mendefinisikannya, dari dua kata tersebut masih banyak yang sulit untuk mejelaskannya, disini saya akan mencoba menjelaskan apa itu Data dan Informasi.

Data
Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat Pengertian dan Perbedaan Data dan Informasi berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu. Contohnya yaitu : Ibu tersandung ; Mobil mogok

Informasi
Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.
Contohnya :
Ketika ibu sedang pergi ke pasar Ibu tersandung oleh benang layangan yang sedang dimainkan oleh anak kecil pagi tadi.
Banjir di jl.raya bandung menyebabkan mobil-mobil mogok sehingga macetpun tak terhindarkan.

Kesimpulannya Data merupakan sebuah fakta yang belum disempurnakan untuk di publikasikan kepada orang lain dan tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan, sedangkan Informasi adalah fakta yang sudah disempurnakan dan siap di publikasikan agar orang yang membaca informasi tersebut dapat mengerti dan dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan.

Semoga Bermanfaat :)

Bagikan

Jangan lewatkan

Perbedaan Data dan Informasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.