Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network (PAN) yaitu jaringan computer yang dipakai untuk komunikasi pada komputer piranti (termasuk juga telephone serta asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Piranti mungkin saja atau tak punya orang itu. Jangkauan dari PAN umumnya beberapa meter. PAN bisa dipakai untuk komunikasi pada piranti pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi serta jaringan Internet (an uplink). 

Personal ruang jaringan kabel mungkin saja dengan computer bus seperti USB serta FireWire. A wireless personal ruang network (WPAN) dapat juga bisa saja dengan tehnologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave serta ZigBee. 

Teknologi 

J Bluetooth PAN juga dimaksud piconet, serta terbagi dalam 8 hingga piranti aktif dalam jalinan tuan-budak (yang sangatlah besar jumlah piranti yang bisa dikaitkan pada “parkir” mode). Piranti Bluetooth pertama di piconet yaitu master, serta seluruhnya piranti yang berkomunikasi dengan slave master. J piconet umumnya mempunyai jarak 10 meter., meskipun sekitar sampai 100 meter. bisa dijangkau dibawah situasi ideal. 

Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk piranti ini sangatlah melebihi jangkauan buat mereka yang awal mulanya didesain. Pada DEF CON 12, sekumpulan hacker yang di kenal juga sebagai “Flexilis” sukses tersambung dua piranti Bluetooth kian lebih 1/2 mil (800 m) itu. Mereka memakai antena dengan lingkup serta antena Yagi, seluruhnya terpasang ke senapan saham. J terpasang kabel antena ke Bluetooth kartu di computer. Mereka lalu diberi nama antena “The BlueSniper. ” 

Skinplex, PAN tehnologi lain, transmit lewat capacitive dekat bagian kulit manusia. Skinplex bisa mendeteksi serta berkomunikasi sampai satu mtr. dari badan manusia. Telah dipakai untuk kontrol akses untuk mengunci pintu serta kemacetan perlindungan mobil di atap mobil. 

Wireless PAN 

J WPAN (wireless personal area network) yaitu jaringan ruang pribadi – untuk jaringan yang terpusat di seputar piranti interconnecting perseorangan dari kerja – dimana sambungan nirkabel. Biasanya, personal area jaringan nirkabel memakai sebagian tehnologi yang sangat mungkin komunikasi kurun waktu seputar 10 mtr. – dengan kata lain, yang sangatlah jarak dekat. Salah satu tehnologi Bluetooth, yang dipakai juga sebagai basic untuk suatu standard baru, IEEE 802, 15. 

J WPAN bisa melayani seluruhnya interkoneksi ke computer serta berkomunikasi umum pada piranti yang mempunyai beberapa orang di meja mereka atau membawa mereka dengan hari ini – atau dapat melayani maksud yang semakin khusus seperti mengizinkan pakar bedah serta anggota tim yang lain untuk berkomunikasi sepanjang satu operasi. 

Kunci rencana dalam teknologi WPAN di kenal juga sebagai “plugging dalam”. Dalam skenario yang ideal, bila dua-WPAN dilengkapi piranti jadi dekat (dalam sebagian mtr. dari keduanya) atau kurun waktu sebagian km. dari server pusat, mereka bisa berkomunikasi seolah-olah terhubung dengan kabel. Feature utama lain yaitu kekuatan semasing untuk mengunci piranti dari piranti lain yang selektif, butuh menghindar masalah yg tidak sah atau akses info. 

Teknologi untuk WPAN yaitu dalam saat perkembangan yang cepat serta sistem pembangunan. Maksudnya yaitu untuk memfasilitasi operasi halus diantara rumah atau usaha piranti serta system. Tiap-tiap piranti didalam WPAN akan menyambungkan ke piranti lain yang sama dalam WPAN, seandainya mereka dalam beragam fisik keduanya. Diluar itu, semua dunia bakal WPANs interkoneksi. Jadi, umpamanya, suatu website dalam archeologist di Yunani mungkin saja memakai PDA akses segera ke database di University of Minnesota di Minneapolis, serta untuk kirim temuan itu ke database.

Bagikan

Jangan lewatkan

Personal Area Network (PAN)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
MFF
7 February 2020 at 23:57

Boleh saya izin pakai gambarnya? Saya akan cantumkan sumbernya.

Reply