Analisis Hardware, Software dan Minimal Server

Tehnologi pada saat saat ini sudah jadi satu trend dalam kehidupan manusia, perubahan dunia tehnologi beresiko pada masa info yang lebih cepat. Salah satu tehnologi yang sudah akrab dengan kita yaitu tehnologi internet di mana tehnologi ini adalah satu jaringan pc global yang membuat jadi lebih mudah penggunanya buat sama sama berkomunikasi maupun bertukar info. Pembangunan suatu jaringan computer membutuhkan penentuan hardware, software yang pas, dan topologi jaringan yang sesuai sama keperluan. Salah satu jaringan computer yang seringkali kita temui yaitu warnet (warung internet).

Dalam pekerjaan analisa kebutuhuan hardware & software dalam suatu jaringan computer ini saya mengambil umpama dari salah satu warnet.

Analisis Hardware dan Software
Hardware yang diperlukan dalam bangun suatu jaringan computer salah satunya : Komputer, LAN card, Switch/Hub, Router, kabel UTP, connector serta yang lain yang diperlukan buat sistem transformasi data di dalam jaringan. Topologi jaringan yang di pakai yaitu topologi star. Topologi star adalah topologi dengan kontrol terpusat, seluruhnya link mesti melalui pusat yang menyalurkan data itu kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat diberi nama stasiun primer atau server serta yang lain diberi nama stasiun sekunder atau client server. Sesudah jalinan jaringan diawali oleh servermaka tiap-tiap client server setiap saat bisa memakai jalinan jaringan itu tanpa ada menanti perintah dari server. Selain topologi star ada banyak topologi salah satunya topologi bus, & topologi ring. Dibanding ke-2 topologi itu, topologi Star di rasakan paling pas buat warnet itu. Gambar dari topologi jaringan star.

Analisis Keperluan Hardware
Dari topologi jaringan diatas jadi analisa keperluan hardware warnet itu.
1. Line Internet/modem, buat terhubung dengan ISP (Internet Service Provider) . Koneksi ke ISP memakai Speedy.
2. Router, di pakai buat menyaring atau memfilter data waktu lalu lalang di jaringan menurut protocol spesifik, router yang dipakai sebaiknya compatible dengan paket jaringan yang digunakan. Sebuah Router mengartikan info dari satu jaringan ke jaringan yang lain. router bakal mencari jalur yang paling baik buat kirim suatu pesan menurut alamat arah serta alamat asal. dengan kata lain router memahami alamat computer. Router compatible 1024 Kbps.
3. Komputer Server, satu pc sebagai pengelola serta pusat untuk pc yang lain. Lantaran berperan juga sebagai pusat, minimum suatu server mesti memiliki sebagian ciri-ciri yang lebih dibanding dengan pc yang terhubung kedalam satu jaringan. Keseluruhan pc yang terhubung ke server dalam jaringan dikatakan sebagai Workstation. Nyaris seluruhnya tipe computer bisa dipakai juga sebagai computer workstation. Ada 1 buah server. Spesifikasi : a. Processor minimum 3, 5 Hetz. b. VGA minimum 256 MB. c. RAM minimum 1 GB. d. Hardisk minimum 40 GB. e. NIC (Network Interface Card) /LAN Card.
4. Printer, di pakai buat cetak data, printer sudah di berbagi hingga baik sever ataupun client bisa memakai printer itu. 5. Kabel UTP (Unshielded twisted pair) & Konektor RJ45, kable UTP yang dipakai minimum cat.
5. lantaran jarak tiap-tiap computer tdk terlampau berjauhan. Konektor RJ45 juga sebagai penghubung pada kabel UTP dengan LAN Card. dipakai style Straight buat menghubungkan client & server ke Switch serta menghubungkan computer Server Ke Router.
6. Switch, dipakai juga sebagai penghubung antar computer dalam suatu jaringan local. Switch yang di pakai yaitu Switch 16 Port digunakan 7 port buat menghubungkan server, client
7. Komputer client, Spesifikasi :
    a. Processor minimum 3, 5 Hetz.
    b. VGA minimum 256 MB
    c. RAM minimum 1 GB.
    d. Hardisk minimum 20 GB.
    e. NIC (Network Interface Card) /LAN Card

Analisis Keperluan Software
1. Sistim Operasi Sistim Operasi yang dipakai buat server dipakai Sistim Operasi spesial server minimum buat client yaitu Microsoft windows XP atau buat server Windows Server 2003.
2. Billing explorer Billing explorer suatu aplikasi yang digunakan buat menolong admin dalam jalankan perhitungan saat serta cost dan dipakai buat bikin laporan accounting serta laporan data, diluar itu juga billing dipakai buat memanajemen client memberi penomoran pada client.
3. Situs Browser Situs Browser yaitu suatu aplikasi yang dipakai buat buka suatu web site serta jalankan kesibukan berinternet yang lain. Contohnya internet explorer, Mozila Firefox, Google Chrome. Dll
4. Internet Download Manager, IDM adalah salah satu aplikasi yang dipakai buat menolong sistem download.
5. Bandwitch limiter Bandwitch limiter dipakai buat mengatur bandwitch yang di dapatkan pada setiap client supaya rata.

Keperluan Minimum Server
Komputer Server, satu pc sebagai pengelola serta pusat untuk pc yang lain. Lantaran berperan sebagai pusat, minimum suatu server mesti memiliki sebagian ciri-ciri yang lebih dibanding dengan pc yang terhubung kedalam satu jaringan. Keseluruhan pc yang terhubung ke server dalam jaringan dikatakan sebagai Workstation. Nyaris seluruhnya tipe computer bisa dipakai juga sebagai computer workstation.

Spesifikasi File Server : 

1. Processor minimum 166 megahertz 

2. Harddisk minimum 10 GB atau lebih 

3. RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks). 

4. tape untuk back up data (DAT, JAZ, Zip, atau CDRW. ) 

5. Memiliki banyak port network. 

6. Kartu jaringan yang cepat serta memiliki reliabilitas kerja 

7. Memory lebih kurang 32 MB 



Spesifikasi FTP Server : 

1. Minimum Pentium 3 

2. PS 250 Watt 

3. Ram 256 Mb 

4. HD 10 GB 

5. CD Drive 32 X 

7. NIC 10/100 



Spesifikasi Mail Server : 

1. Processor Intel/AMD 1, 5 Ghz 32bit 

2. Memory 1 GB 

3. HardDisk 80 GB SATA 

4. Lan Card 10/100 Mbps 



Spesifikasi DHCP Server : 

1. Processor Intel Pentium 4 (2. 4 Ghz) 

2. Mainboard ASUS/Gigabyte/ECS 

3. Memory DDR2 1 Gb 

4. Harddisk 40Gb Jenis IDE 

5. Ethernet/LAN Card penambahan 1 buah 



Spesifikasi Situs Server : 

1. Processor yang mempunyai 2 core missal core 2 duo, dual core 

2. Minimal RAM 8 gb, recommended 16 Gb 

3. 250 Gb harddisk 

4. Memiliki CD-ROM 

5. Mempunyai 2 port LAN Ethernet 



Spesifikasi Database Server : 

1. Processor yang mempunyai 2 core missal core 2 duo, dual core 

2. Minimal RAM 16 gb, recommended 32 Gb 

3. 300 GB Harddisk 

4. Memiliki CD-ROM 

5. Mempunyai 2 port LAN Ethernet 



Spesifikasi Proxy Server : 

1. Spesifikasi PC : P3 800 Mhz, Mem 256, HD 30 Gb, 2 buah LAN Card (1 LAN onboard, 1 LAN penambahan) 

2. OS : Mikrotik OS 2. 29. XX 

3. ISP : Telkom Speedy (Profesional) 1 line 

4. Modem merk Sanex standard bawaan speedy 

5. Client : 10 komputer 



Spesifikasi DNS Server : 

1. AMD Athlon (tmXP 2100+) 1733 MHz 

2. Memori 256MB 

3. System Operasi Linux Slackware 9 

4. Hardisk minimum : 

- System basic 500 MB 

- Seluruhnya pekerjaan 1 GB

Bagikan

Jangan lewatkan

Analisis Hardware, Software dan Minimal Server
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.